Breaking News

Menu

Pangdam XVII/Cenderawasih Salurkan Bantuan Sembako,Penuhi Kebutuhan Logistik Masyarakat Kiwirok



Sentani – Kodam XVII/Cenderawasih menyalurkan bantuan sembako untuk masyarakat Distrik Kiwirok, Kab. Pegunungan Bintang yang kini telah berangsur kembali ke kampung halamannya, setelah kurang lebih 1,5 tahun mengamankan diri ke daerah lain akibat teror Kelompok Separatis Teroris (KST) pada tahun 2021 silam.

Bantuan sembako berupa beras, mie instan, telur dan naraga dengan total berat 500 kg didistribusikan ke Kiwirok dengan menggunakan heli belt 412 EPHA/5185 milik TNI AD. Dilepas langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa di Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Kab. Jayapura, Rabu (11/01/2023).

Kepada wartawan Pangdam menyatakan, saat ini aktivitas masyarakat di Distrik Kiwirok mulai berjalan normal. Mereka saat ini masih fokus untuk membangun kembali kampung halamannya. Namun saat ini terkendala dengan ketersediaan logistik pangan. 

"Oleh karena itu, kami dari Kodam XVII/Cenderawasih berinisiasi untuk mengirimkan bantuan logistik. Namun karena keterbatasan sarana angkut Helikopter, sehingga bantuan yang kami kirimkan berupa  bahan Pokok Pangan sementara. Dimana bantuan ini akan terus berlanjut kedepannya," jelas Pangdam.

Pangdam berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat kiwirok yang sudah kembali, agar kehidupan sosial disana perlahan-lahan pulih. Saat ini sebagian masyarakat juga sudah menempati rumah sembari dilakukan perbaikan dengan dibantu personel TNI-Polri. 

"Namun sebagian juga masih berada di perumahan guru dan juga Koramil serta pos-pos keamanan yang ada di Kiwirok, karena memang gangguan dari kelompok bersenjata ini masih ada. Sehingga kami tempatkan di tempat yang bisa terpantau dan terjamin," ungkap Pangdam.

Pangdam menambahkan, untuk saat ini warga yang kembali masih didominasi oleh laki-laki dewasa, sementara perempuan maupun anak-anak jumlahnya masih sedikit. "Ke depan kita berharap sinergi tetap terbangun antara lembaga terkait, maupun pihak lain guna membangun kembali sarana dan prasaran di distrik Kiwirok sehingga bisa kembali seperti sedia kala," harapnya. 

Sementara itu terkait keamanan, lanjut Pangdam, pihaknya tetap bersinergi dengan kepolisian untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat.

 “Kami Kodam XVII/Cenderawasih tetap bersinergi dengan Kepolisian untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat,” pungkas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Tampak hadir mendampingi Pangdam, diantaranya Danlanud Silas Papare Marsma TNI Dadan Gunawan, Kasdam Brigjen TNI Sidharta Wisnu Graha, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring dan sejumlah PJU Kodam XVII/Cenderawasih. (*)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Pangdam XVII/Cenderawasih Salurkan Bantuan Sembako,Penuhi Kebutuhan Logistik Masyarakat Kiwirok "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM