Breaking News

Menu

Panglima Ta' : Jangan Pernah Melupakan Sejarah



MAKASSAR,  - Hari Sejarah Nasional adalah peringatan untuk menghidupkan kembali semangat kebangkitan historiografi Indonesia yang diperingati setiap tanggal 14 Desember.

Hal ini seusai dengan dokumen Maklumat Hari Sejarah Tahun 2014 yang digagas oleh berbagai kalangan masyarakat yang melibatkan asosiasi profesi, komunitas pecinta sejarah, guru, dosen, dan mahasiswa sejarah.

Mementum ini kemudian dimaknai Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Mappanyukki (Panglima Ta') sebagai hari untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya sejarah di Tanah Air, khususnya di Sulawesi Selatan.

"Bangsa ini tidak akan bisa besar jika melupakan sejarah. Untuk itu, momentum hari sejarah ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan agar jangan pernah melupakan sejarah," tegas Panglima Ta'.

Eks Pangdam XIV Hasanuddin ini kemudian bercerita sedikit mengenai Andi Mappanyukk yang merupakan salah satu tokoh pejuang dan seorang bangsawan di Sulawesi Selatan. 

Ia adalah Putra dari Raja Gowa ke XXXIV yaitu I'Makkulau Daeng Serang Karaengta Lembang Parang Sultan Husain Tu Ilang ri Bundu’na (Somba Ilang) dan I Cella We'tenripadang Arung Alita, putri tertua dari La Parenrengi Paduka Sri Sultan Ahmad, Arumpone Bone (Raja Bone). 

Andi Mappanyukki pulalah yang memimpin raja - raja di Sulawesi Selatan untuk bersatu dan bergabung dengan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) pada tahun 1950. 

Pada masa jabatan Andi Mappanyukki sebagai Raja Bone, lanjut Panglima Ta', banyak konflik yang terjadi dengan kolonial Belanda. Saat itu Belanda menawarkan kerjasama dengan Andi Mappanyukki, namun ia menolaknya. Penolakannya tersebut, membuat Andi Mappanyukki diturunkan jabatannya dari Raja Bone oleh kekuatan kekuasaan Belanda.

"Nah ini salah satu sejarah di Sulsel yang harus selalu diingat oleh masyarakat. Agar tidak mudah di provokasi atau dipropaganda oleh pihak - pihak luar yang ingin memecah belah kita sebagai daerah yang bermartabat," ujar Panglima Ta'. (*)

Editor: Rusdi

Post Tags:

No Comment to " Panglima Ta' : Jangan Pernah Melupakan Sejarah "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM