Breaking News

Menu

Babinsa Koramil 02/Seunagan Bantu Petani Panen ikan Mas



Nagan Raya - Dengan melaksanakan kegiatan pendampingan tersebut Serka Budiman berusaha untuk memotifasi kepada warga masyarakatnya  untuk meningkatkan produksi budidaya ikan Mas dan Nila di wilayah desa binaanya yaitu di Desa Kuta Baro Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya, Jumat ( 23/12/2022)

Budidaya ikan Mas sudah dijalankan selama beberapa tahun oleh warga masyarakat dan hasilnya untuk mencukupi kebutuhan keluarganya setiap hari.

Adapaun jumlah budidaya yang dikelola adalah 3 petak dan dengan jumlah ikan kurang lebih 15.000 ekor ikan Mas dan Nila, dan pak Abul Majit menjual hasilnya setiap hari kepada masyarakat dengan harga ikan Mas satu kilonya seharga Rp 50.000 sedangkan ikan Nila satu kilonya seharga  Rp 35.000.

Babinsa Koramil 02/Seunagan Serka Budiman mengharapkan agar masyarakat yang masih mencari ikan di Laut dapat mengikuti jejak warga yang sudah mempunyai kolam kan untuk membudidayakan ikan Mas dan Nila, dengan demikian kebutuhan pembudidayaan ikan air tawar di Kabupaten Nagan Raya dapat terpenuhi, selain itu juga dapat  menambah gizi dan peningkatan kesejahteraan warga dalam usaha kecil menengah.

“Ikan-ikan yang sehat harus diberikan obat anti stresnya, apalagi waktu proses  pemindahan dari tempat  kolam satu ke tempat kolam lainya.sebelum proses pemindahan ikan ini harus di beri makanan terlebih dahulu dan di beri obat anti stres nya sehingga ikan-ikan ini bisa bertahan hidup dan sehat.

Lanjut Budiman, selain itu agar kolam harus benar-benar diperhatikan kebersihan airnya dan jangan sampai Air kolam menjadi kotor karena dapat mempengaruhi perkembangan ikan tersebut.

Sementara itu, pak Abul Majit menyampaiakan bahwa pada umumnya kendala peternak ikan Nila adalah soal menjaga kebersihan kolam agar ikan yang ada di kolam tidak mudah terkena penyakit.

“Kami sangat berterimakasih atas saran dari Pak Babinsa supaya warga membuat kolam ikan Nila guna menambah penghasilan warga masyarakat disini,” kata Abul Majit. (*)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Babinsa Koramil 02/Seunagan Bantu Petani Panen ikan Mas "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM