Breaking News

Menu

Peresmian Kampung Pancasila Di Desa Sea Satu Kec, Pineleng



MANADO, - Koramil 1309-04/PTM melaksanakan Peresmian pembentukan Desa Sea Satu kec, Pineleng  sebagai Kampung Pancasila, Jum'at(07/10/22).

Dandim 1309/Manado di wakili Perwira seksi operasi Mayor Inf Frans Dahua Dan Camat Pineleng Jonly Wua M.M Melaunching  kampung Pancasila di Desa Sea Satu  sebagai kampung percontohan merupakan julukan untuk desa yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Komitmen menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian dan menciptakan kerukunan antar umat beragama. 

Dipilihnya Desa Sea Satu sebagai Kampung Pancasila karena di Kampung tersebut terdapat sejumlah tempat ibadah yang lokasinya berdekatan dan selama ini toleransi serta kerukunan umat beragama sangat harmonis.
Dalam acara peresmian Kampung Pancasila di isi dengan pembacaan Puisi Oleh Siswa SMA 1 Manado Fadhiil Asyrof Adesyah Dengan Judul "PANCASILA".
Turut hadir dalam Acara Launcing Kampung Pancasila,,Danramil Pineleng Peltu Frets Wahani,Kapolsek Pineleng Iptu Ronal zahbaja S.H M.H,Kapuskes Dr Evi Kawiharja Kepala Desa Sea satu Nevie Revie Oroh,ToGa,Toma Desa. Sea Satu Serta pemerintah Desa.

Dalam Sambutan Dandim yang di sampaikan  Mayor Inf Frans Dahua tentang apa yang menjadi latar belakang di bentuknya Kampung Pancasila, bahwa Kampung Pancasila adalah merupakan julukan untuk desa yang di jadikan sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila dan sebagai contoh dalam penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Sebagai contoh dalam bersikap toleransi antar umat beragama serta dapat hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan.Dari rangkaian latar belakang tersebut tentunya pembetukan Kampung Pancasila memiliki tujuan , bahwa Kampung Pancasila di harapkan dapat menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, menumbuhkan kerukunan masyarakat dalam bingkai Pancasila karena penduduknya beragam dalam menganut agama, di samping itu Kampung Pancasila harus dapat menanamkan nilai-nilai Bhinneka tunggal Ika, memberikan dan menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila. Desa Sea satu merupakan desa yang sangat majemuk yang memiliki berbagai macam agama tetapi sangat rukun dan damai, sehingga Desa Sea satu di harapkan mampu menjadi sebuah Kampung Pancasila sebagai miniatur Indonesia. Pancasila merupakan lambang dasar negara Indonesia, sebagai simbol bangsa yang di dalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
ungkap Mayor Inf Fransiscus

Camat Pineleng memberikan Apresiasi atas pembuatan kampung Pancasila di desa ini,
Memang betul di desa ini masyarakatnya terdiri dari bermacam-macam Suku dan agama yang saling toleransi hidup Rukun dan Damai disinilah desa sea satu menjadi miniatur Indonesia dengan harapan kegiatan ini jangan hanya seremonial saja tetapi di implementasikan kerukunan ini dalam setiap kehidupan masyarakat desa Sea satu."ucap Jonly Wua camat Pineleng. (*)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Peresmian Kampung Pancasila Di Desa Sea Satu Kec, Pineleng "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM