Breaking News

Menu

Debat Visi Misi Calon Ketua OSIS SMAN 1 Soppeng, Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila



SMA Negeri 1 Soppeng melaksanakan penyampaian visi misi dan debat calon ketua dan wakil ketua Osis bertempat di Lapangan Upacara. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah, para dewan guru dan staf Tata Usaha serta seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Soppeng, Senin (03/10/2022)

Pemilihan Ketua OSIS yang berlangsung di sekolah tersebut menjadi ajang para siswa belajar berdemokrasi mulai tingkat sekolah. Proses pemilihan Ketua OSIS dikemas mirip dengan pemilihan umum (Pemilu).

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Keenam ciri tersebut merupakan dimensi yang menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

Naharuddin, S.Pd,.M.Pd. Kepala UPT SMAN 1 Soppeng mengemukakan Bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “memperoleh pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

Senada di sampaikan oleh Wakasek Humas Muhammad Arifai, S.Pd. Projek  penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,yang salah satunya adalah suara demokrasi. 

Sebagai sekolah penggerak, SMAN 1 Soppeng melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), Penerapan Suara Demokrasi di lingkungan siswa adalah dengan melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 1 Soppeng, 

Puncak dari P5 Suara Demokrasi ini adalah dilaksanakannya kegiatan pencoblosan calon ketua OSIS oleh para siswa kelas X, XI dan XII pada hari Jumat 7  Oktober 2022. Ada 3 kandidat ketua OSIS dan wakil ketua OSIS yang sebelumnya telah melalui proses seleksi perwakilan kelas X dan XI, Kemudian oleh Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dilakukan verifikasi dan menghasilkan 3 calon ketua OSIS yang akan dipilih oleh para siswa dan siswi SMA Negeri 1 Soppeng melalui pemilihan umum yang diintegrasikan dengan tema Suara Demokrasi pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Fase E (Kelas X).

Reporter : A.Adhy

Post Tags:

No Comment to " Debat Visi Misi Calon Ketua OSIS SMAN 1 Soppeng, Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM