Breaking News

Menu

Kodim 1428/Mamasa Kukuhkan Kampung Pancasila di Desa Osango



Mamasa - Dandim 1428/Mamasa Letkol Inf Stevi Palapa mengukuhkan Desa Osango Kec. Mamasa Kab. Mamasa Prov. Sulbar sebagai Kampung Pancasila. Dimana dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh wakil Bupati Mamasa dan segenap tokoh masyarakat dan tokoh adat Kab. Mamasa. Jumat, (09/9/2022)

Dalam sambutannya Dandim 1428/Mamasa Letkol Inf Stevi Palapa menyampaikan bahwa pengukuhan kampung Pancasila bertujuan untuk bagaimana kita dapat mengkomunikasikan dan menggalakkan kembali implementasi nilai yang luhur terkandung dalam Pancasila yang selama ini perlu mendapat perhatian khusus dihadapkan dengan perkembangan situasi yang  saat ini mengalami tantangan ancaman disintegrasi dan budaya yg tidak sesuai dengan nilai nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari.

Kegiatan ini menindaklanjuti perintah Bapak Kasad agar menumbuhkan kembali falsafah bangsa dan nilai luhur bangsa indonesia yg terkandung dalam Pancasila dengan menggalakkan  kampung Pancasila guna menangkal paham yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. "kata Stevi.

Harapan kegiatan ini dapat menjadi virus kebaikan dan menjadi modal dalam  menangkal berbagai ancaman yang dapat memecah belah anak bangsa yang dapat merongrong persatuan dan kesatuan bernegara yang setiap saat itu bisa saja terjadi. "ungkap Stevi.

Kegiatan Pengukuhan kampung Pancasila di Kabupaten Mamasa di awali di desa Orobua Kec. Mamasa dengan harapan dapat dicontoh oleh desa lain menjadi kampung Pancasila. Desa Osango ini dapat menjadi duta bagi keluarga dan daerah lain dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yang cinta persatuan dan kesatuan, memiliki Toleransi antar umat beragama, Budaya gotong royong dan musyawarah utk mufakat.

Adapun disela-sela kegiatan Pengukuhan kampung Pancasila bapak  Marthinus Tiranda, S.lp, yang juga sebagai Wakil Bupati Mamasa mengatakan. Bahwa pemerintah Kab. Mamasa sangat mengapresiasi kegiatan pencanangan Kampung Pancasila yg telah dicanagkan oleh Kodim 1428/Mamasa dengan demikian dapat menumbuhkan dan menanamkan kembali nilai luhur Pancasilais dalam perilaku kehidupan sehari-hari

Kegiatan pengukuhan kampung Pancasila di desa Osango ini masih kental nilai leluhur budaya masih terjaga dan keberagaman dalam bermasyarakat, "kata Marthinus.

Tanggung jawab sebagai kampung Pancasila menjadi modal dalam menjalankan nilai Pancasila dihadapkan dengan perkembangan yang begitu cepat, "pungkas Marthinus

Pancasila merupakan perekat bangsa dan tidak bertentangan dgn suatu agama mana pun yang ada di Indonesia dan mari menjadi teladan dalam mengamalkan nila Pancasila sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras, "ujar Marthinus

Dalam kesempatan ini juga Dandim 1428/Mamasa Letkol Inf Stevi Palapa bersama Wakil Bupati Mamasa menyerahkan piagam penghargaan kepada pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pelajar sebagai Duta Implementasi Nilai Nilai Pancasila. (*)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Kodim 1428/Mamasa Kukuhkan Kampung Pancasila di Desa Osango "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM