Breaking News

Menu

Babinsa Memperberdayaan Pemuda (Karangtaruna) dalam Upaya Ternak Lele



Nagan Raya - Seperti yang sudah kita tau, pandemi COVID-19 telah banyak mempengaruhi pola hidup masyarakat terutama dalam bidang perekonomian. Berdasarkan permasalahan yang terjadi akibat pandemi COVID-19, Babinsa Simpang Deli Kilang Serda Niril Suhendra, Koramil 05/Darul Makmur Kodim 0116/Nagan Raya pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat judul “Program Pembinaan Sistem Usaha Pemuda Budidaya Ikan Lele dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat”.

“Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kepada Allah SWT tentunya ada perasaan senang. Tapi ini semua justru masih awal dari apa yang harus kita lakukan. Tentunya tidak mudah karena ini merupakan babak awal yang berarti merupakan tahap tertinggi sendiri adalah hasil yang optimal dan dapat dirasakan oleh masyarakat,” papar Serda Niril.

Program pembinaan tersebut dilatarbelakangi oleh inisiatif karang taruna yang ingin membuat pelatihan kewirausahaan untuk mengatasi turunnya pendapatan masyarakat akibat pandemi COVID-19. Namun, karena kurangnya penguasaan ilmu budidaya pihak karang taruna mengajak Babinsa untuk melakukan pelatihan. Sedangkan pemilihan budidaya lele dikarenakan adanya potensi sumber daya manusia yang sesuai dan dimiliki masyarakat di sekitar Desa Simpang Deli Kilang Kecamatan Darul Makmur.

“Cara kami dalam merealisasikan inovasi yang kami buat yaitu dengan menghubungi mitra kemudian membina mitra melalui sosialisasi pelatihan budidaya serta Usaha Pemuda agar dapat melaksanakan program yang kami buat. Selain itu, juga melakukan monitoring perkembangan pengetahuan yang telah diberikan dengan memberikan pre-test, post-test, dan evaluasi,” ujar Serda Niril.

Inovasi yang diberikan yaitu pemberian pengetahuan mengenai cara budidaya ikan lele menggunakan sistem boster. Sistem boster dipilih karena mudah untuk diaplikasikan di lahan sempit, memiliki biaya pengelolaan yang lebih murah dibandingkan sistem lain, produktifias tinggi, serta zero water exchange. Selain pemberian pengetahuan mengenai budidaya, juga dilakukan pelatihan Usaha Pemuda simpan pinjam yang harapannya dapat menjadi tata kelola keuangan pada perputaran budidaya selanjutnya ataupun usaha baru yang akan dijalankan.

Sementara itu, Danramil 05/Darul Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Lettu Inf M Ikhsan mengatakan, pembinaan masyarakat merupakan agenda tugas kewilayahan dan juga instruksi dari komando atas dalam membina warga di wilayah Babinsa bertugas.

Dengan bertatap muka langsung dengan semua elemen masyarakat. Dengan adanya Babinsa yang selalu memantau wilayah desa binaannya akan mengetahui setiap perkembangan situasi yang ada, sehingga apabila terjadi suatu permasalahan, dengan cepat dapat diatasi dan diselesaikan. (*)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Babinsa Memperberdayaan Pemuda (Karangtaruna) dalam Upaya Ternak Lele "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM