Breaking News

Menu

Rendahnya Kepedulian terhadap Kebersihan Lingkungan, Korem 182/JO beraksi




Fakfak - Dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke 77 serta wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, Korem 182/JO menggelar kharya bakti di Jalan Reklamasi Selasa Namudad Kabupaten Fakfak, Kamis (11/08/2022)

320 orang yang terdiri prajurit Korem 182/JO, Kodim 1803/Fakfak, Polres Fakfak serta Dinas Kementerian Lingkungan Hidup Fakfak, Pelajar dan Masyarakat Kab Fakfak melaksanakan pembersihan di sepanjang jalan dan pinggir pantai Reklamasi Kab Fakfak yang dipimpin langsung oleh Danrem 182/JO.

Pada saat memimpin apel pagi Gabungan peduli Lingkungan, Komandan Korem 182/JO Kolonel Inf Hartono, S.IP menyampaikan bahwasanya Kegiatan Karya Bhakti ini selain dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 77 juga untuk menyentuh dan mengajak seluruh masyarakat Kab Fakfak akan penting dan peduli terhadap keberhasilan lingkungan. 

"Tujuan diselenggarakan karya bakti ini yaitu sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Darat khususnya Korem 182, terhadap kebersihan lingkungan serta mengajak kesadaran masyarakat untuk peduli membuang sampah pada tempatnya. Ucap Danrem

Danrem menilai kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan disebabkan lantaran tak adanya rasa memiliki di daerah yang mereka tinggali. Ia mencontohkan, masalah sampah yang terjadi di sepanjang pantai reklamasi Satu tungku tiga baru yang sering dimanfaatkan kegiatan oleh masyarakat Kabupaten Fakfak. 

Danrem menilai tidak adanya rasa memiliki dan menjaga kebersihan lingkaran terhadap wilayah yang mereka tinggali menyebabkan munculnya sikap tak peduli terhadap lingkungan, termasuk membuang sampah sembarangan. 

"Kita lihat di sepanjang jalan dan pinggir pantai begitu banyak sampah berserakan akibatnya rendah nya kepedulian masyarakat akan kesadaran membuang sampah pada tempat nya" Ungkap Danrem

Karena itu, Danrem menekankan pentingnya penegakan hukum oleh aparat  dan pemerintah daerah agar masyarakat sadar dan peduli terhadap lingkungan. 

"Penegakan hukum yang tegas dilakukan oleh aparat dan pemerintah daerah akan mendorong terciptanya budaya disiplin, budaya bersih di lingkungan masyarakat. Tegas Danrem

Perlu ada upaya serius bukan hanya sekedar sosialisasi wacana tentang kebersihan kalau kemudian tidak ada tindakan yang lebih tegas untuk memastikan orang-orang bersifat disiplin terhadap praktik membuang sampah misalnya," ungkap Danrem

Sosialisasi terhadap kebersihan lingkungan dapat dilakukan oleh pemerintah dengan menggandeng organisasi masyarakat ataupun kampus-kampus, mengingat keterbatasan aparat yang dimiliki pemerintah. "Pemerintah harus lebih dekat dengan lembaga swadaya masyarakat di bawah. 

TNI - POLRI akan senantiasa terus mengingatkan, mendorong dan membantu Pemerintah dan Masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan. Siapa lagi kalau bukan kita yang menjaga, merawat dan memelihara lingkungan kita. Pungkas Danrem. 

Diakhir sambutan nya Danrem berharap untuk pemerintah daerah dan dinas terkait untuk lebih aktif  dalam masalah kepedulian dan kebersihanterhadap lingkungan. 

Penrem 182/JO

Post Tags:

No Comment to " Rendahnya Kepedulian terhadap Kebersihan Lingkungan, Korem 182/JO beraksi "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM