Breaking News

Menu

Kepala staf kodam XVIII/Kasuari secara resmi tutup program TMMD ke 114 Kodim 1804/Kaimana di Makodim 1804/Kaimana



Kaimana - Berlokasi dihalaman Makodim 1804/Kaimana Jl. Batu putih km 08 Kel Krooy Distrik Kaimana kab Kaimana Papua barat Brigjen TNI Yusuf Ragainaga Kepala Staf Kodam XVIII /Kasuari , secara resmi menutup pelaksanaan Program TMMD ke-114 Kodim 1804/Kaimana TA. 2022 yang dilaksanakan di Kampung Pigo Distrik Teluk Arguni, Kabupaten Kaimana, Rabu  (24/08/2022). 

Kegiatan diawali dengan Pembacaan Laporan Hasil Pelaksanaan TMMD oleh  Letkol Inf Chairi Suhanda Dandim 1804/Kaimana selaku Dansatgas TMMD yang di bacakan oleh pjs pasiter KPT Inf Setiyono , yang berisi tentang terlaksananya Program Fisik Pembangunan 3 unit rumah tipe 36 ukuran 6x6 Meter dan seluruh Program Non Fisik Serta Tambahan atau overprestasi pengerasan jalan setapak 2 x200 meter , pembuatan Sarana olahraga lap volly dan pembuatan tempat pengambilan air bersih dapat berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan seluruh masyarakat Pigo 

""Amanat Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD ke 114 TA 2022 yang di bacakan oleh inspektur upacara dan pernyataan penutupan TMMD Ke-114 TA 2022 antara lain sbb :
Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang 
Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridhoNya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir untuk mengikuti Acara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-114 Tahun Anggaran 2022.
Kegiatan acara penutupan TMMD Ke-114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-114 Tahun Anggaran 2022.Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah. Oleh karena itu, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Program TNI Manunggal Membangun Desa ini 
telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia 
merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

 Pada program TMMD Ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan rumah diantaranya yaitu, 3 Unit Rumah sekaligus tambahan lainnya berupa Pengerasan jalan Setapak, Sarana Olah Raga/Lapangan Volly dan Pembuatan Tempat Pengambilan Air Bersih.

 Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran nonfisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Pertanian,Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Kesehatan, Meliputi (Penyuluhan Penularan Covid-19, Pengobatan Massal, Stunting, Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular.) Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun sertamemperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan 
pangan dan penanganan kesehatan.

Hadirin sekalian yang saya hormati, Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya selakuPenanggung Jawab Operasional TMMD  menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit saya, yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupuntidak disengaja.
 
Ada beberapa atensi dan harapan 
yang perlu saya sampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ke-114 ini:
   a.Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan 
dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi.
   b.Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini.
  c.Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. 
d.Keempat, kepada para Dansatgas TMMD ke-114
lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.
e.Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.
     Demikian sambutan saya. 
     Dengan mengucap     Alhamdulillahirabbil‘alamiin, pada hari ini, Rabu, tanggal 24 Agustus 2022, Pukul 09.15 WIT, TNI Manunggal Membangun Desa Ke-114 Tahun Anggaran 2022, secara resmi saya nyatakan ditutup.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.""

Pelaksanaan TMMD ke- 114 diWilayah Kab.Kaimana telah dilaksanakan selama kurun waktu 1 bulan terhitung tanggal 26 Juli s.d 24 Agustus 2022 dengan Program sasaran fisik Maupun nonfisik yang diselenggarakan oleh Kodim 1804/ Kmn dengan harapan dapat meningkatkan akselerasi di Daerah terpencil dan menyentuh masyarakat.Tegas Kasdam XVIII/ Kasuari.


"Salah satu program prioritas yang dilaksanakan oleh TNI dalam bidang Teritorial Tahun 2022 diantaranya adalah Program TMMD yang berpedoman kepada TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI, yang bertujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dan dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik,  dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri khususnya di wilayah Kodam XVIII/ Kasuari", sambungnya. 

"Dengan telah terlaksananya 100% seluruh Program Fisik maupun Non Fisik yang dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 1804/Kaimana ini, maka Hari ini Rabu 24 Agustus 2022, Kegiatan Program TMMD ke-114 yang dilaksanakan oleh Kodim 1804/Kaimana diwilayah Kampung Pigo Distrik Teluk Arguni Kabupaten Kaimana secara resmi saya nyatakan ditutup".

"Atas nama pribadi dan selaku Kasdam XVIII/Kasuari,saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Kaimana yang telah mendukung anggaran kegiatan fisik TMMD ke-114 ini, Saya juga berterima kasih kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung terlaksananya TMMD, sehingga sasaran dapat tercapai dan seraya berharap apa yang telah dibangun ini, dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat", pungkas Brigjen TNI Yusuf Ragainaga . 

Sekda kab Kaimana Drs Donald Raimond Wakum mewakili Bupati Kaimana dalam sambutannya juga turut mengatakan, "Atas nama Pemerintah Daerah saya ucapkan selamat kepada Kodim 1804/Kaimana selaku Satgas TMMD atas keberhasilannya dalam mengerjakan pembangunan 3 Unit rumah layak huni yang diperuntukan bagi masyarakat di Kampung Pigo yang semua itu patut kita apresiasikan sebagai wujud partisipasi dan dukungan TNI-AD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pembangunan di Kab. Kaimana".

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Komandan Korem 182/Jazira Onim dan Dandim 1804/Kaimana yang telah mendukung terlaksananya TMMD diwilayah ini, dan besar harapan kami, kegiatan TMMD seperti ini dapat terlaksana pada tahun-tahun mendatang, karena berdampak dan bermanfaat secara langsung terhadap kesejahteraan masyarakat, begitu juga terhadap Persatuan dan Kesatuan, serta kemanunggalan TNI dengan Rakyat untuk bersama-sama terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia", sambungnya.

"Dalam kesempatan ini pula, kepada 3 orang masyarakat penerima rumah TMMD, saya ucapkan selamat memperoleh dan menempati hunian yang baru, syukurilah rumah yang telah dibangun ini sebagai milik pribadi, serta menjaga dan merawatnya dengan baik agar dapat ditempati untuk waktu yang lama dan demi keberlangsungan hidup keluarga dan masyarakat yang lebih nyaman, bersih serta lebih sehat lagi sebagaimana yang kita inginkan bersama", pungkas Drs Donald Raimond Wakum.

Setelah sambutan Bupati yg di wakili Sekda  Drs Donald Raimond Wakum acara dilanjutkan dengan Penandatanganan dan Penyerahan  Naskah Hasil Program TMMD oleh Dandim 1804/Kaimana kepada Bupati Kaimana yang  di terima oleh sekda serta diikuti dengan penyerahan secara simbolis Kunci Rumah hasil TMMD dari Kasdam XVIII/ Kasuari, kepada Sekda Kab Kaimana, yang di saksikan oleh seluruh Forkopimda kab Kaimana beserta tamu undangan.

Selesai kegiatan upacara penutupan TMMD ke 114 Ta 2022 Kasdam beserta Rombongan Forkopimda dilanjutkan pemberian paket belajar kepada Kelompok belajar dan penyaksikan donor darah di aula Makodim.

Hadir pada acara tersebut:
1.Letkol Inf Chairi Suhanda (Dandim 1804/ Kmn) sebagai Dansatgas TMMD.
2. AKBP I Ketut Widiarta, SIK,MH ( Kapolres Kab. Kaimana )
3. Drs. Donald Raimond Wakum ( Sekda Kab.Kaimana )
4. Letkol Inf Alexander Eko Setiawan, S.E ( Danyon 764/IB )
5. Mayor Inf Surianto ( Kasdim 1804/Kmn )
6.
7.Pimpinan OPD di Lingkup Pemda Kab.Kaimana
8.Peserta upacara terdiri dari :
a) 1 SST Personil Kodim 1804/Kaimana;
b) 1 SST Personil Polres Kaimana;
c) 1 SST Personil Yonif 764/IB
d) 1 SST Satpol PP 
e) 1 SST Gabungan Basarnas,Damkar dan FKPPI Kaimana
f) 1 SST Regu Pramuka. (*)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Kepala staf kodam XVIII/Kasuari secara resmi tutup program TMMD ke 114 Kodim 1804/Kaimana di Makodim 1804/Kaimana "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM