Breaking News

Menu

Babinsa Kodim 0116/Nagan Raya bantu Petani usir Burung hama padi secara Tradisional



Nagan Raya - Babinsa Koramil Koraml01/Kuala Kodim 0116/Nagan Raya Serda Agus Supriadi bersama petugas PPL dan kelompok tani, secara bergotong-royong membuat sarana/alat pengusir hama padi secara tradisional di Desa Ujung Patihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Kamis (04/08/2022).

Pembuatan sarana tersebut, sebagai alat pengganti manusia yang sebenarnya untuk menghalau tikus dan jenis unggas–unggas lainnya. Mekanismenya yaitu dengan cara menarik–narik meggunakan tali yang telah diikatkan dan saling berhubungan satu dengan lainnya,sehingga diharapkan fungsi utama dari sarana/alat yang telah ditempatkan di lahan persawahan dapat berjalan secara optimal. Dengan alat ini, diharapkan kelompok tani dapat mencegah, mengusir dan menghalau gangguan hama pada tanaman padi yang akan dipanen.

Dengan begitu, hasil panen yang diharapkan oleh para petani tidak menurun secara drastis. Mekanismenya dengan cara bekerja sama membuat sarana yang cukup sederhana dan tradisional namun dengan hasil yang sangat bermanfaat dirasakan oleh para petani.

Kelompok tani yang berada di Desa Ujung Patihah sangat berterima kasih atas peran Babinsa dan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) dengan dibuatkannya sarana boneka mirip manusia tersebut sehingga sangat membantu petani untuk menghalau unggas. (*)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Babinsa Kodim 0116/Nagan Raya bantu Petani usir Burung hama padi secara Tradisional "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM