Breaking News

Menu

Aplikasi Halo Babinsa Berbasis Android, Untuk Mendukung Tugas Babinsa Sebagai Ujung Tombak Binter TNI AD, Di Wilayah Korem 181/PVT



Oleh : Penrem 181/PVT 

Sorong - Papua Barat, Babinsa selaku ujung tombak Binter TNI AD terdepan, harus di siapkan secara Profesional dan Proposional, dengan didukung perangkat teknologi informasi yang memadai. Maka perlu adanya sebuah sarana komunikasi yang memadai sesuai perkembangan ilmu dan teknologi berupa aplikasi yang dapat terhubung antara masyarakat dengan Babinsa ataupun satuan komando kewilayahan. Hal tersebut disampaikan Danpusterad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kolonel Inf Suparman selaku Ketua Tim Uji Coba Aplikasi Halo Babinsa Berbasis Android Tahun 2022, yang dihadiri oleh Mayor Inf Restu Simbolon Tim Pusterad, Pjs Pasi Wanwil Korem 181/PVT Lettu Inf Ferdi Lukas. Bertempat di Staf Teritorial Korem 181/PVT, Jln. Pramuka No.1, Kota Sorong, Papua Barat. Kamis (25/08/2022)

Lebih lanjut dijelaskan, Atas dasar kondisi tersebut, maka kami Staf Direktur Penelitian dan Pengembangan  Pusterad, mencoba” mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android yang bernama “Aplikasi Terrkini”. Aplikasi ini merupakan keterpaduan dari empat versi aplikasi yakni, Versi Mitra Karib, Personel (Apkowil), Pimpinan dan Command Center dari tingkat Koramil, Kodim, Korem, Kodam dan Mabesad.

“Aplikasi Halo Babinsa melalui Aplikasi Terrkini versi Mitra Karib bertujuan untuk memudahkan masyarakat memperoleh bantuan Babinsa terdekat dalam keadaan mendesak. Aplikasi ini dilengkapi menu layanan Panic Button dengan dilengkapi fitur pelintasan pelaporan masyarakat melalui pesan suara gambar maupun video” ungkapnya. 

Ditambahkan olehnya, “Aplikasi Halo Babinsa versi personel bertujuan untuk memperoleh informasi yang bersumber dari masyarakat secara cepat, tepat dan akurat meliputi kejadian kriminalitas, bencana alam, kesehatan maupun sosial. Versi personel ini dilengkapi dengan pintasan aksi peta kejadian dan status penanganan kejadian sehingga memudahkan Babinsa untuk menuju lokasi kejadian dan melaporkan kejadian secara berjenjang”. 

“Sedangkan versi pimpinan yang berada pada level Koramil, Kodim, Korem, Kodam dan Mabesad akan memudahkan reporting setiap kejadian di wilayah sesuai dengan jenis dan tingkatannya. Dengan kehadiran aplikasi Halo Babinsa melalui aplikasi terrkini ini kami berharap segala permasalahan yang terjadi di wilayah akan lebih cepat di respon oleh Babinsa sehingga kehadiran Satkowil akan lebih dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya” pungkasnya. (Penrem 181/PVT)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Aplikasi Halo Babinsa Berbasis Android, Untuk Mendukung Tugas Babinsa Sebagai Ujung Tombak Binter TNI AD, Di Wilayah Korem 181/PVT "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM