Breaking News

Menu

Kepsek se Kecamatan Tamalanrea & Jajarannya Gelar Rapat Sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) & Literasi Bahasa Daerah



MAKASSAR, SULSEL - Menindak Lanjuti surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Makassar tentang sosialisasi dan pendalaman tentang Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), seluruh kepala sekolah se kecamatan Tamalanrea menggelar rapat untuk membahas ANBK lebih terperinci untuk di terapkan sebagai pengganti Ujian Nasional yang beberapa tahun terakhir di jalankan. Selanjutnya yang tidak kalah penting juga di bahas mengenai Literasi Bahasa Daerah lebih mendalam lagi.
Rapat ini terlaksana pada sebagai tindak lanjut edaran dari Dinas Pendidikan Kota Makassar, yang di tindak lanjuti dengan kekompakan seluruh kepala sekolah se kecamatan Tamalanrea beserta jajarannya yang sangat antusias mengikuti rapat tersebut.

Rapat tersebut di laksanakan pada Rabu, 13 Oktober 2021 di SD Inpres Kapasa.
Rapat ini di pimpin Drs. H. Safwan di dampingi K3S Kecamatan Tamalanrea Arifuddin, S.Pd, M.Pd.

H. Rahman, S.Pd kepala SD Inpres Tamalanrea 5 sangat mengapresiasi dengan di gelarnya rapat ini untuk mendalami perkembangan dunia pendidikan yang terus di benahi, terkait ANBK sebagai pengganti ujian nasional yang di terapkan tahun-tahun terakhir ini.


Kutipan Asesmen Nasional 
oleh 
Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba 
Melalui Kabid Dikdas DR. Syarifuddin

Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional dikabarkan akan mulai bergerak. Ditandai dengan dimulainya Simulasi (AN) tersebut menyasar pada satuan pendidikan baik tingkat SD maupun SMP.

Menurut Plt. Kadisdik Kota Makassar, Nielma Palamba Melalui Plh. Kabid Dikdas, DR. Syarifuddin dalam keterangan tertulis yang diterima Deteksiplus.com, Kamis, 12 Oktober 2021 menjelaaskan, berdasarkan informasi resmi lewat website Kemendikburiset, simulasi Asesmen Nasional bagi siswa kelas 8 tingkat SMP dan siswa kelas 5 tingkat SD akan dimulai tanggal 23 Agustus 2021 sampai dengan 2 September 2021, sedangkan hari H- Nya itu jatuh pada bulan ke-empat September 2021.

"Dengan adanya jadwal simulasi tersebut diharapkan pada setiap sekolah mampu dan segera membenahi jaringan internet dan komputer yang dimiliki sekolah, sehingga ajang simulasi ini dapat dilihat apa saja permasalahan yang muncul terutama jenjang SD yang baru pertama kali menerapkan Asesmen Nasional (AN) secara online, sedagkan jenjang SMP sudah beberapa tahun UNBK secara online, jadi sudah ada pengalamannya,". terangnya.

Plh. Kabid Dikdas Dr. Syarifuddin menjelaskan, bahwa dalam kegiatan simulasi ini, pihak sekolah bisa memilih kapan kesediaanya dengan rentang waktu yang telah disediakan, bahkan dapat dilakukan per sesi dalam satu sekolah. Ia mencontohkan, misalnya pada jenjang SD ketersediaan komputer atau laptop dibutuhkan hanya 15 buah maka bisa dibagi dua sesi sehingga mencukupi 30 orang siswa. Begitu pula dengan jenjang SMP. Jika jumlah peserta didiknya 45 orang ditambah 5 orang cadangan, bisa digunakan tiga sesi yang telah dijadwalkan oleh Kemendikbudriset.

DR.Syarifuddin
Asesmen Nasional (AN) ini sambungnya, terdiri atas siswa dengan 3 jenis Asesmen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM) yang didalamnya ada segmen untuk Literasi Membaca dan Numerasi, kemudian Survei Karakter yang berisikan profile karakter Pancasila serta Survei Lingkungan Belajar. Dimana anak tersebut mampu mengenali dan menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

"Sedangkan guru dan Kepala Sekolah yaitu survei lingkungan belajar yang diharapkan diisi oleh seluruh guru di sekolah,". Tutup  DR. Syarifuddin. (Udin)

Editor: M.Rusdi, DM.SH.

Post Tags:

No Comment to " Kepsek se Kecamatan Tamalanrea & Jajarannya Gelar Rapat Sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) & Literasi Bahasa Daerah "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM