Breaking News

Menu

Hasdullah: Jakstrada Menjadi Syarat dapat Piala Adipura





MAKASSAR - Kadis DPLH Sulsel Hasdullah menjawab media pada hari Kamis 11/02/2020 di Kantor Gubernur Sulsel terkait Piala Adipura mengatakan bahwa Kebijakan stategi daerah atau disebut jakstrada wajib dibuat dalam bentuk surat keputusan Bupati Walikota yang memuat komitmen penurunan jumlah volume sampah sebesar 25/30 persen dan sisanya 70 persen sampah terkelola selama kurung waktu lima tahun.

Hal tersebut, menekankan keharusan khususnya sampah rumah tangga wajib dipilah dengan memanfaatkan sampah organik komposisasi menjadi pupuk organik dan sampah non organik dapat di jual di bank sampah sehingga yang terbuang ke TPA tinggal residunya, dengan demikian jumlah sampah akan mengalami penurunan volume sampah sesuai target jakstrada masing-masing kabupaten kota.

Dikatakan Hasdullah, bahwa sudah mengarahkan 24 kabko di Sulsel menerbitkan Jaksrada dan ini menjadi syarat untuk ikut adipura.

Dimana kalau tidak punya jakstrada itu tidak bisa ikut seleksi Adipura.

Lanjutnya, Berdasarkan evaluasi tahun 2020 semua kabupaten kota di sulsel sudah punya jakstrada- sekarang masalahnya bagaimana pelaksanaannya.

Hal ini harus dikawal dengan baik karena implementasinya setelah kita melihat neraca laporan pengurangan sampah pertahun, hanya mencapai satu sampai dua persen penurunan jumlah sampah rumah tangga sehingga untuk mencapai pengurangan 25 persen selama lima tahun masih sulit capai target jakstrada.

Jadi kita terus mendorong kabko untuk aplikatif yang progresif terkait jakstarada pengurangan sampah dengan optimalisasi tatakelolah 3 R- reduse, reuse, recicle-

Disamping itu pemenuhan ruang terbuka hijauh RTH- kebersihan kota- dan TPA yang terurus dengan baik sanitary landfill-

Parameter inilah yang harus diperhatikan untuk mendapatkan adipura dan tentu kita berharap daerah kita bisa bersaing untuk mendapatkan piala, Ungkap Hasdullah. (Red)

Editor: A2W

Post Tags:

No Comment to " Hasdullah: Jakstrada Menjadi Syarat dapat Piala Adipura "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM