Breaking News

Menu

Mata Pencarian Masyarakat Desa Buae Bersumber Dari Produksi Pertanian, Berikut Penjelasan Ir.H.Laupe Uma



SIDRAP, DETEKSIPLUS.com - Dari jumlah penduduk Desa Buae, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel, sebanyak 4225 jiwa, wajib pilih 2800 orang dengan mendiami 1200 KK, hidup dan kehidupannya pada umumnya bersumber dari hasil produksi pertanian, sawah dan perkebunan, hamparan persawahan di desa itu seluas 400 Ha, untuk perkebunan luasnya 800 Ha, Jagung dan kacang tanah produksi utama petani kebun di desa itu dengan hitungan produksi 4 ton per hektarnya, Jagung begitupula kacang tanah.

Satu tantangan yang di hadapi masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan hidupnya tidak adanya sumber mata untuk irigasi persawahan, ada cekdam tapi itupun terbatas debit airnya, hingga turun sawah tidak menentu tergantung adanya turun hujan, lain petani kebun, jagung dan kacang harga jualnya masih di permainkan oleh pedagang pembeli, jika panen raya harga jual anjlok turun hingga petani kesulitan menutupi harga produksi, pupuk dan obat-obatan begitupula biaya pengolahan

Ir.H.Laupe Uma membenarkan di Desa Buae itu tidak ada sumber mata air, begitu pula harga produksi kebun selalu di permainkan pedagang.

Melihat hal itu saya sebagai Kepala Desa Buae berpikir kelak apabila sudah ada dana akan memperioritaskan pengadaan pupuk dan obat - obatan pada pengelolaan Bumdes Desa Buae agar masyarakat dapat terlepas dari jeratan harga tinggi untuk saprodi begitupula permainan harga dari pedagang, Ujarnya.

H.Laupe Uma menyampaikan luas wilayah Desanya 32 km dengan Tiga Dusun, yakni Dusun Pao Sadae, Dusun Buae dan Dusun Talumae.

Adapun batas wilayahnya, utara
Kel . Batulappa, Selatan dengan Desa Cenrana, timur dengan Desa Takkalasi, barat dengan Desa Mattirotasi, Desa Buae masuk dalam wilayah Kec.Wattag pulu Kab.Sidrap. dimana pusat air bersih PDAM Sidrap ada di Desa Buae. (*)

Penulis: Mansyur Nanno,
Editor: A2W.

Post Tags:

No Comment to " Mata Pencarian Masyarakat Desa Buae Bersumber Dari Produksi Pertanian, Berikut Penjelasan Ir.H.Laupe Uma "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM