Breaking News

Menu

Sekda Buka MTQ Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2020


SELAYAR, DETEKSIPLUS.com - Musabaqah Tilawatil Qur'an Tahun 2020 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar kerja sama Pemkab dengan Kementerian Agama (Kemenag) resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si di Gedung Juang 45, Sabtu (29/2/2020) Sore. 
Pemukulan gong oleh Sekda Selayar menandai pembukaan MTQ tersebut. Namun sebelumnya diawali dengan defile peserta dari 11 kecamatan. 

Total peserta sebanyak 115 orang yang akan mengikuti sejumlah cabang lomba, seperti Tilawah, Tartil Qur'an, Hifzhil Qur'an, Tafsir Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khottil Qur'an (kaligrafi) dan karya tulis ilmiah Al-Qur'an (KTIQ). 

Pada pelaksanaan MTQ ini Sekda Kepulauan Selayar Marjani Sultan mengharapkan para Qori dan Qoriah bisa memberikan kejutan berupa meraih prestasi agar bisa bersaing pada MTQ Sulsel yang akan dihelat pada Bulan April mendatang. 

Di sisi lain, Marjani Sultan ingin memasyarakatkan nilai-nilai religius yang terkandung dalam Al-Qur'an.  

"Al-Qur'an adalah produk Allah SWT yang isinya tidak diragukan lagi kebenarannya. Semakin dibaca dan dikaji semakin ditemukan kebenarannya, sedangkan produk manusia itu semakin dikaji semakin ditemukan kelemahannya," ujar Marjani. 

Lomba MTQ ini lanju Sekda adalah salah wujud dukungan pemda Kepulauan Selayar jelang MTQ Sulsel di Kabupaten Pangkep. "Tetapi ke depannya kita bisa juga mengambil pembina dari luar yang lebih berpengalam untuk mendidik mereka-mereka yang sudah juara di sini untuk perbaikan ke depan," ucapnya. 

Sementara Kepala Bidang Penais Kanwil Kemenag Pemrov Sulsel Drs. H. Rappe mengemukakan agar para juara pada lomba MTQ ini dapat mempersiapkan diri pada ajang yang lebih tinggi di MTQ Sulsel. 

"Jadi pada MTQ Sulsel nanti kita akan bertemu dengan para juara-juara dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Semoga para qori dan qoriah Selayar bisa menjadi yang terbaik," kata H. Rappe. 

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Selayar H. Muh. Irfan Daming melantik para dewan hakim yang bertugas pada pelaksanaan MTQ di Selayar. 

Hadir pula Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Ir. H. Arfang Arif, unsur forkopimda, para camat para tokoh agama dan tokoh masyarakat bersama undangan lainnya. (IM/SUPARDI)

Editor: M.Rusdi, DM.

Post Tags:

No Comment to " Sekda Buka MTQ Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2020 "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM