Breaking News

Menu

SMP Negeri 1 Makassar Miliki Perpustakaan Bernama "PORE'


MAKASSAR, DETEKSI PLUS.com - “Pore” artinya pintar, adalah salah satu inovasi perpustakaan SMP Negeri 1 Makassar binaan Dinas Perpustakaan Makassar. Inovasi ini sebagai upaya menumbuhkan kegemaran membaca dan gemar berkunjung ke perpustakaan.
Jika berkunjung ke SMP Negeri 1 Makasar, di pintu masuk sekolah akan dijumpai banner yang bertuliskan Ayoo Ramaikan Perpustakaan “Pore”. Pasti orang bingung, apa artinya “Pore”? Ternyata dalam bahasa Makassar “Pore” artinya pintar  atau jago. Namun kalau dikonotasikan sebagai bahasa pergaulan anak-anak sehari-hari “Pore” bisa diartikan “Seenakmu” atau biasa di sebut "Pore poremu”. 

Jadi ungkapan tersebut secara tidak langsung mengundang anak-anak dengan pendekatan mendalam “Ayoo Ramaikan Perpustakaan Sesering mungkin atau tiap hari klu perlu.

Nama “Pore” sendiri menurut Kepala Perpustakaan, Sitti Aminah adalah pemberian kepala sekolah, Suaib Ramli. Aktivitas perpustakaan “Pore” itu sendiri yakni,  membuat anak-anak rajin membaca  buku yang ia baca (lembar resensi disediakan oleh perpustakaan sekolah), kemudian dinilai oleh tenaga perpustakaan dan mendapatkan hadiah dari sponsor.

Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari Jum’at, saat jam istirahat sekitar 15 sampai 20 menit dan langsung diumumkan pemenangnya sehingga diberi nama ‘Amazing Reading Friday’.

“Dengan kegiatan ini, perpustakaan sekolah tambah rame. Sejak sekolah kami menerima program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan kemudian kami membuat inovasi perpustakaan “Pore”, pengunjung perpustakaan naik hingga membludak. Sebelum Sentuh Pustaka, pungunjung rata-rata hanya 15 orang/hari, sekarang sudah 40 orang perhari,” tutur kepala perpustakaan dengan semangatnya saat dikunjungi Dinas Perpustakaan Kota Malassar dan bertanya tentang program Perpustakaan “Pore”, Selasa, 11 Februari 2020. 

Untuk membuktikan kegiatan tersebut, Dinas Perpustkaan diminta melihat langsung anak-anak yang sedang membuat Resensi Buku dan menyerahkan hadiah “Sosbak” kepada pemenangnya.

Menurut salah satu tenaga perpustakaan, St. Nurnisa Wirda yang juga pencetus inovasi ini mengatakan, Amazing Reading Friday atas persetujuan kepala sekolah akan dimasukkan dalam jam pelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Perpustakaan SMP Negeri 1 Makassar yang bernama  "pore" ini adalah murni ide dari kepala sekolah Suaib Ramli Bersama kepala Pustaka SMP Negeri 1, Sitti Aminah bersama tenaga tenaga pustaka lainnya yang rutin bertugas setiap hari di luar tugas pokok sebagai pengajar di sekolah ini. 

“Ide pemberian nama ‘Pore’ oleh kepala sekolah sebenarnya sudah lama, cuma masih banyak pembenahan di sana sini akhirnya perpustakaan menjadi sejuk di pandang dan nyaman ketika anak anak memasuki ruang pustaka 'Pore' ini.” jelas Nurnisa Wirda. 

Sementara itu, Sitti Aminah kepala pustaka ‘Pore’ ini menjelaskan, sekarang sudah ada lebih dua ribu judul buku yang ada di perpustakaan. 

“Kami  siap membuat Memorandum of Undestanding (MoU) bagi siapa saja yang mau bermitra dengan sekolah ini demi pengembangan perpustakaan ke depan,” pungkas Sitti Aminah. (Sabaruddin)

Editor: M.Rusdi,DM.

Post Tags:

No Comment to " SMP Negeri 1 Makassar Miliki Perpustakaan Bernama "PORE' "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM