Breaking News

Menu

Pemerintah Kabupaten Wajo Melaksanakan Shalat Gerhana Matahari


WAJO, DETEKSIPLUS.com -- Fenomena Gerhana matahari cincin terjadi hari ini dibeberapa wilayah di Indonesia sehingga Pemerintah Kabupaten Wajo melaksanakan Shalat Gerhana Matahari berjamaah di Masjid Ummul Quraa Sengkang, (26/12/19).

Sehubungan hal itulah, Kepala Kantor Kementerian Agama melalui rilisnya menghimbau kepada seluruh umat Muslim untuk melaksanakan Shalat Kusuf yang merupakan Shalat sunnah gerhana matahari.

“Melakukan Shalat sunnah gerhana matahari secara berjamaah dan melakukan khutbah sesuai dengan tuntutan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan Shalat gerhana”, tutur kepala kantor Kemenag.

Disamping itu pada rilis Kemenag menghimbau agar umat Islam berdo’a untuk keselamatan bangsa dan negara. Serta menganjurkan Shalat sunnah gerhana matahari ini dilakukan dengan takbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal kebajikan lainnya.

Adapun fenomena ini akan dirasakan sebagian wilayah Indonesia yaitu Padang Sidempuan, Tanjung Pinang dan Singkawang, mulai pukul 10:34 WIB, puncak gerhana pada 12:17 WIB dan berakhir pada pukul 14:00 WIB.

Sementara gerhana matahari sebagian akan dirasakan di Makassar, mulai gerhana pukul 11:25:27 WITA, tengah gerhana pukul 13:14:23 WITA dan berakhir pada 14:44:46 WITA.

Dalam sambutannya Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud menyampaikan kejadian ini merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang diperlihatkan saat ini, kita harus pandai-pandai bersyukur masih diberi kesehatan, kehidupan, rezeki dan memanfaatkan hidup.

Bupati Wajo juga menambahkan agar dipergantian tahun baru ini kita tingkatkan ibadah kita, kita jadikan semangat baru.
Pemkab Wajo akan melaksanakan pergantian tahun baru bersama masyarakat Wajo di Lapangan Merdeka Sengkang denan mengadakan tauziah dan do’a bersama Ustadz Maulana.

“Dipergantian tahun ini jangan ada yang melakukan kegiatan yang mubadzir seperti membakar petasan dengan harga yang mahal, seandainya disedekahkan ke saudara kita yang tidak mampu, itu akan lebih bermanfaat”, tutup Bupati Wajo. (*)

Sumber: Humas Pemkab Wajo,
Editor: M.Rusdi, DM.

Post Tags:

No Comment to " Pemerintah Kabupaten Wajo Melaksanakan Shalat Gerhana Matahari "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM