Breaking News

Menu

Pelantikan dan Bimbingan Teknis Anggota Panwascam Se Kabupaten Soppeng


SOPPENG, DETEKSIPLUS.com -- Plt. Asisten Administrasi  Pemerintahan Drs. Muhammad Arif Dimas. D,  M, Si mewakili Bupati Soppeng menghadiri Pelantikan dan bimbingan teknis Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam)  se-Kabupaten Soppeng dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2020. 
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Triple 8 Riverside Kelurahan Lemba kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng,  Kamis 25 Desember 2019. 

Arif Dimas saat membacakan sambutan Bupati menyampaikan hal sebagai berikut :

Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih dan Apresiasi atas pelaksanaan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PASWASLU Kecamatan Se Kabupaten Soppeng ini, dimana kegiatan ini merupakan  sebagai salah satu bagian dalam upaya perwujudan kelembagaan dalam PEMILU yang dibentuk untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  di wilayah kecamatan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, maka keberadaan lembaga Penyelenggara PEMILU yang mengawasi penyelengaraan pemilihan Umum, termasuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan sebuah amanah Peraturan Perundang-Undangan, sehingga kelembagaan ini wajib adanya untuk dibentuk mulai dari Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara.

Selanjutnya, dalam Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pembentukan, Pemberhentian dan Penggantian Antar Waktu Badan Pengawas Pemilu Provinsi, Kabupaten/Kota, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Kelurahan/Desa, Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri dan Pengawas TPS, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2018, dimana kewenangan pembentukan lembaga pengawas dilakukan secara berjenjang, dan khusus untuk anggota Panwaslu Kecamatan dilakukan dan ditetapkan dengan Keputusan BAWASLU Kabupaten/Kota.

Secara umum, regulasi ini juga telah mengatur secara tegas Keanggotaan, Tata Cara Pembentukan, Tata Cara Seleksi dan Penetapan, Pemberhentian dan PAW serta ketentuan lain yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi kelembagaan ini. 

Pengaturan ini tentunya dimaksudkan dan bertujuan untuk meningkatkan kinerja lembaga pengawasan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya berdasarkan prinsip saling mengimbangi (checks and balances) serta sekaligus meningkatkan kewibawaan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Pengawas Pemilihan umum harus melakukan kordinasi dan komunikasi yang terpadu dan kontinyu, baik antar lembaga maupun internal lembaga. Hal ini penting sebagai sarana deteksi dini  serta upaya untuk menangkal informasi yang tidak berdasar, termasuk informasi HOAKS, dan isu-isu politik yang tidak proporsional. 


Keberadaan PANWASLU Kecamatan tentunya bertujuan untuk menjaga kualitas dan kepastian hukum agar pesta demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar, mulai dari tingkat pendaftaran, pelaksanaan hingga perhitungan suara dapat berjalan lancar.

PANWASLU Kecamatan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan pengawasan pemilihan, sehingga pemahaman terhadap peraturan yang berlaku, pemahaman akan tugas dan fungsi serta pemahaman akan kondisi, kearifan dan budaya setempat tentunya perlu menjadi acuan bagi anggota pengawas pemilu dalam menjalankan tugas yang diemban, apalagi PANWASLU Kecamatan merupakan ujung tombak pengawasan penyelenggaraan Pemilihan pada tingkat kecamatan yang dalam pelaksanaan tugasnya diharapkan berdasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pelemahan, Teror, Makian dan Fitnah atas kinerja Panwaslu mungkin akan menjadi teman sehari-hari dalam bekerja sehingga dibutuhkan anggota Panwaslu yang tangguh, baik secara mental maupun fisik karena tugas dan tanggungjawab saudara  sangat dekat dengan persepsi publik dan sangat rentan dengan isu-isu politik terkini.


Dalam menjalankan tugasnya, PANWASLU Kecamatan dapat menggunakan 3 (tiga) pendekatan. 
1. Pertama, Pasif yaitu menerima laporan dari masyarakat maupun peserta pemilu, 
2.Kedua, Aktif yaitu Panwaslu dituntut untuk tetap aktif dalam setiap tahapan Pemilu. 
3.Ketiga, Partisipatif yaitu memaksimalkan keterlibatan masyarakat, mengundang khalayak, organisasi massa, pemantau pemilu maupun media baik cetak maupun elektronik.

Acara pelatikan dan pengambilan sumpah para anggota PANWASLU Kecamatan ini merupakan proses dan etape yang harus dilalui dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. 

Setiap tahapan Pemilu harus terlaksana sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan dan Panwaslu harus independen dan mandiri. 

Olehnya Posisi Pemerintah Daerah adalah Pemda berkewajiban untuk memfasilitasi pelaksanaan Pemilihan Umum ini sebagai wujud integritas dan loyalitas pada Demokrasi. 

Semoga para anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab, tulus dan ikhlas.

Ketua Bawaslu Winardi yang melantik para anggota Panwascam sebanyak 24 orang (3 orang per Kecamatan)

Winardi saat membacakan sambutan seragam Ketua Bawaslu RI Abhan, S.H., M.H.mengatakan bahwa :

Pembentukan Panwascam Kecamatan salah satu dimensi pentingnya adalah untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang betul-betul siap mendedikasikan seluruh kemampuan dan kapasitasnya untuk melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Dalam pelaksanaan tugasnya panwascam dituntut memiliki integritas dan kredibilitas, pengetahuan dan wawasan yang  terkait dengan keterampilan Panwascam. 

Salah satunya keterampilan anggota Panwascam adalah dia  dituntut untuk memiliki keterampilan dasar seperti kemampuan menggunakan komputer. 

Pembacaan fakta integritas oleh Zainal (perwakilan Kecamatan liliriaja) setianingsih (perwakilan Ganra). 

Turut hadir Pimpinan Anggota Dprd  kab.soppeng,  Para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,  para Kepala Skod terkait, 
Para Camat se Kabupaten Soppeng; para anggota Muspika Kecamatan,  
Para Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng; Para Anggota Panwascam terpilih.(*)

Sumber : Humas Pemkab Soppeng,
Editor : Hawaya, S.Pd.

Post Tags:

No Comment to " Pelantikan dan Bimbingan Teknis Anggota Panwascam Se Kabupaten Soppeng "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM