Breaking News

Menu

Jelang Natal 2019 & Tahun Baru 2020, Rakor TPID Digelar


MAKASSAR, Deteksiplus.com -- Wakil Bupati Wajo hadiri High level meeting TPID 2019 diruang tamu rapat pimpinan gedung A lantai 2 kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar tanggal 15/11/2019
Rakor TPID dipimpin langsung Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. H.M Nurdin Abdullah, di hadiri 24 Kabupaten /Kota

Dalam rangka meningkatkan peran tim pengendali inflasi Daerah dilakukan Koordinasi antar TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota 

Dalam merumuskan strategi pengendalian inflasi di daerah tahun 2019 khususnya menghadapi hari natal 2019 dan tahun baru 2020. 

Pengendalian inflasi perlu dilakukan secara struktural melalui penguatan produksi dan distribusi, penguatan riset dan aplikasi teknologi serta penguatan skim pembiayaan.
Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan didukung oleh konsumsi domestik yang tetap tumbuh tinggi, khususnya pada komponen konsumsi Pemerintah dan rumah tangga. 

Pertumbuhan ekonomi Sulsel tersebut juga berada diperingkat pertama nasional. Inflasi Sulsel masih berada pada rentang sasaran 3,5+1%  Pengendalian inflasi perlu dilakukan secara struktural melalui penguatan produksi dan distribusi, penguatan riset dan aplikasi teknologi serta penguatan skim pembiayaan Penguatan Strategi Pengendalian Inflasi di Sulsel.

Pengendalian Inflasi perlu dilakukan secara struktural melalui penguatan produksi dan distribusi, penguatan riset dan aplikasi teknologi serta penguatan skim pembiayaan.  

Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. H. Nurdin Abdullah, M.Agr dalam arahannya mengatakan, ada 3 pilar penguatan untuk mengendalikan inflasi di Sulawesi Selatan yaitu (1). Penguatan pada produksi dan distribusi (2) penguatan pembiayaan untuk skim dan (3) penguatan penelitian dan aplikasi teknologi tepat guna.

Dampak kenaikan harga terhadap kemiskinan, bahwa masyarakat berpenghasilan rendah paling besar menerima dampak kenaikan harga.

Arahan strategi dalam pengendalian inflasi daerah :  pemerataan pertumbuhan ekonomi berbasis keunggulan wilayah, Revitalisasi olah jual yang didukung dengan teknologi,
Penguatan strategi pengendalian inflasi dengan 4K, yaitu Ketersediaan, kelancaran, keterjangkauan, komunikasi kebijakan.

Diharapkan Daerah melakukan pengendalian inflasi akhir tahun dengan pengawasan dan pemantauan harga, memastikan ketersediaan pasokan, mempercepat distribusi Barang, TPID bersama satgas pangan melakukan sidak ke pasar-pasar dan sentra distribusi memastikan kewajaran harga, menjaga ketersediaan kebutuhan pokok, dan bersama-sama pemuka agama dan tokoh masyarakat untuk mengarahkan ekspektasi masyarakat jelasnya.

Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE menyampaikan bahwa, dalam pertemuan HLM TPID ini, juga membahas tentang kelangkaan BBM, dalam kesempatan ini bahwa mulai hari ini pertamina segera melakukan normalisasi penyaluran BBM di Wilayah Sulawesi Selatan.

"Bapak Gubernur telah bersurat kepada Kepala BPH Migas untuk penambahan kuota solar terutama menjelang hari raya besar keagamaan dan tahun baru," jelas H. Amran, SE.

Turut hadir Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Wajo Ir. Andi Muzdalifah, M.Si dalam acara ini

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : M.Rusdi,DM.

Post Tags:

No Comment to " Jelang Natal 2019 & Tahun Baru 2020, Rakor TPID Digelar "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM