Breaking News

Menu

Bupati Wajo Pimpin Rapat Perpadi, Ini Harapannya


WAJO, Deteksiplus.com — Rapat Perpadi tentang optimalisasi pemberian modal usaha bagi pengusaha penggilingan beras dan dryer atau pengering padi, Selasa 10 September 2019  di ruang rapat pimpinan Kantor Bupati Wajo.
Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si yang menyampaikan sangat apresiasi kegiatan ini dan dapat terwujud pertemuan ini dengan membicarakan problematika terkait dengan kondisi pengusaha penggilingan padi di Kabupaten Wajo, 

"Ini saya nantikan untuk duduk bersama, setelah sekian lama ketemu dengan para pengusaha pengusaha dan kami merasakan kemirisan tentang potensi pertanian kita yang cukup besar, tetapi justru orang lain yang banyak menikmati, daerah lain yang punya brandingnya, pasti ada problem dan disini perlu ada komitmen bersama diantara kita," ungkap Bupati Wajo.

"Saya apresiasi betul pertemuan ini, mudah-mudahan ini bisa jadi tonggak awal kita untuk bangkit dan sekaligus punya semangat baru dan memberdayakan berbagai potensi kita, termasuk potensi padi kita yang luar biasa tiap tahunnya, telah diproduksi lebih dari 800.000 ton, Coba kita tanya daerah lain berapa ton yang mereka hasilkan yang mereka produksi," Bupati Wajo menambahkan.

Dikatakan kalau para pengusaha dari luar yang lebih mendominasi dan menguasai, bahkan petani-petani di Wajo lebih banyak berhubungan dengan orang-orang dari luar, dibanding dengan pengusaha-pengusaha dari daerah sendiri, ini yang harus diperbaiki olehnya itu pemerintah harus terlibat, bukan berarti mengintervensi atau menekan tetapi mengintervensi secara profesional.

Juga disampaikan agar dicari lagi akar permasalahannya, karena bagaimanapun juga pengusaha-pengusaha yang ada di Kabupaten Wajo harus bisa juga seperti pengusaha dari luar, bandingkann dengan pengusaha dari luar mereka sudah punya Dryer lebih dari 12, sehingga mereka bisa menampung sekian banyak pembeli padi, inilah yang mau di bina, bagaimana pengusaha pengusaha di Wajo bisa lebih hebat dari daerah lain karena potensi di Wajo mempunya potensi yang luar biasa.

"Mudah-mudahan dengan duduk bersama dengan para pihak Perbankan dari berbagai Bank yang ada di Kabupaten Wajo, coba berdiskusi seperti apa, dan kita mulai dari mana," jelas Dr. H. Amran Mahmud.

Juga disampaikan kalau Bapak Gubernur ingin sekali bahwa kalau Bank Pembangunan Daerah Sulsel, betul-betul menjadi bank yang bisa membackup komoditi-komoditi, agar bisa menjadi komoditi andalan, agar bisa bergerak cepat dan memajukan perekonomian yang ada di Sulawesi Selatan.

"Saya pikir kalau terbackup pengusaha dengan adanya batuan sarana dan prasarana, juga dengan bantuan Dryer dan bantuan dengan mendapatkan permodalan usaha, saya kira ini yang mereka butuhkan," kata Bupati Wajo.

"Jangan kita menyalahkan siapapun, karena kita tidak pernah mau mencari kesalahan perbankan, apa gunanya juga misalnya Perbankan menyimpan uangnya kalau tidak dipakai uangnya, demikian juga pemerintah ketika tidak memberikan pembinaan buat apa juga," Bupati Wajo menambahkan.

Dan dikatan juga kalau para pengusaha yang mau maju dan sebagainya, mau mendapatkan fasilitas-fasilitas tapi tidak mampu menjaga kepercayaan tidak mampu kelola dengan baik tentu Pihak Perbankan juga akan hati-hati.

"Makanya saya katakan, kita intervensi secara profesional, bukan pemerintah menekan atau memaksakan, cuma mau memfasilitasi dan membina kalau nanti juga memang ada diberikan bantuan dari Perbankan, kita akan kawal bersama dan betul-betul dipakai bukan dipakai untuk pembelian lain yang jelas kepercayaan harus dijaga dan ditumbuhkan," jelas Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Andi Asho Ashari, S.T., M.T. yang merupakan Staf ahli Ekonomi dan Pembangunan selanjutnya dipersilakan untuk mengawal acara ini dengan menjadi moderator, mempersilakan beberapa pengusaha untuk mengeluarkan unek-unek dan permasalahan yang mereka alami terutama dari masalah permodalan yang mereka butuhkan.

Demikian juga dari pihak Perbankan dipersilahkan untuk memberikan penjelasan penjelasan yang memungkinkan para pengusaha penggilingan padi dapat memperoleh bantuan usaha secara mudah sehingga mereka juga bisa seperti pengusaha-pengusaha dari luar.

Demikian juga pihak perbankan juga memberikan kriteria-kriteria, cara pengambilan  pembiayaan, fasilitas kredit kepada para pengusaha pengusaha yang ada di Kabupaten Wajo, utamanya para pelaku usaha di Kabupaten Wajo.

Terkait kredit dengan persyaratannya serta agunan yang disiapkan demikian juga dokumen-dokumen dan itu tidak butuh waktu yang lama, sehingga pihak Perbankan juga akan memberikan sesuai dengan kebutuhan dari para pengusaha , dan rata-rata pihak dari Perbankan biasanya turun di lapangan ke tempat para penggilingan para pengusaha.

Hadir dalam acara ini Bupati Wajo, Ketua DPRD Kabupaten Wajo, dari Kodim 1406 Wajo, Polres Wajo, Ketua Perpadi Kabupaten Wajo, Pihak Perbankan yang ada di Kabupaten Wajo, juga para pelaku usaha utamanya pengusaha penggilingan padi dan juga anggota dari Perpadi Kabupaten Wajo.(*)

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : M.Rusdi, DM.

Post Tags:

No Comment to " Bupati Wajo Pimpin Rapat Perpadi, Ini Harapannya "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM