Breaking News

Menu

Pelaksanaan Kepramukaan di SMAN 1 Soppeng Terapakan beberapa Model Pembelajaran


Reporter : A.Adhy,
Editor : Andi Aswin Maramat.

SOPPENG, Deteksiplus.com - SMAN 1 Soppeng laksanakan Pendidikan Kepramukaan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai  Ekstrakurikuler Wajib pada Kurikulum 2013 (K-13) pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik.
Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan Peserta didik di luar jam belajar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar peserta didik dapat mengembangkan kepribadian, minat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia  melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan bagi siswa di Satuan pendidikan. Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. (29/08/2019)

Andi Muliyadi S. Pd. M.M Pembina pramuka SMAN 1 Soppeng menjelaskann bahwa Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan dalam 3 (tiga) Model meliputi Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler. Model Blok merupakan kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberikan penilaian umum. 

Model Aktualisasi merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari didalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal. Model Reguler merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.

Pendidikan Kepramukaan berisi perpaduan proses pengembangan nilai sikap dan keterampilan. Pola Kegiatan Pendidikan Kepramukaan diwujudkan dalam bentuk upacara dan keterampilan Kepramukaan dengan menggunakan berbagai metode dan teknik.

 Kepramukaan dilaksanakan sebagai perwujudan komitmen Kepramukaan dalam bentuk pembiasan dan penguatan sikap dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Metode dan teknik dituangkan dalam bentuk belajar interaktif dan progresif disesuaikan dengan kemampuan fisik dan mental peserta didik.

Penilaian dalam Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan penilaian yang bersifat otentik mencakup penilaian sikap dan keterampilan. 

Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan penilaian berdasarkan pengamatan, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan penilaian unjuk kerja. 

Penilaian sikap dan keterampilan menggunakan jurnal pendidik dan portofolio. Penilaian sikap sangat menentukan kenaikan kelas peserta didik, nila rata- rata sikap sosial dan sikap spiritual minimal predikat baik. (*)

Post Tags:

No Comment to " Pelaksanaan Kepramukaan di SMAN 1 Soppeng Terapakan beberapa Model Pembelajaran "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM