Breaking News

Menu

SMA Negeri 1 Soppeng Laksanakan Penelitian Situs Prasejarah Goa Leang-Leang


Reporter : A.Adhy,
Editor : Andi Aswin Maramat.

DETEKSIPLUS.COM,MAROS - SMA Negeri 1 Soppeng  melaksanakan Penelitian Situs Taman Wisata Prasejarah leang-leang yang terletak di Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di daerah Maros Pangkep. Pegunungan Karst yang sudah berumur ribuan tahun ini diakui sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia.
Kegiatan penelitian situs sejarah ini merupakan salah satu kegiatan ekstra OSIS.dengan Tema, "Dengan penelitian ditempat bersejarah kita tingkatkan pengetahuan, kepedulian serta menjadikan situs bersejarah  sebagai pembelajaran di masa depan"

Goa prasejarah yang terdapat di Leang Leang ini sangat menarik, karena goa ini dulunya sebagai tempat tinggal dan penghuninya meninggalkan jejak dalam berbagai bentuk gambar di dinding goa.(sabtu 06 Juni 2019) 

Hikam Fajduani Salah seorang pengurus Osis yang dihubungi awak media menyampaikan bahwa Tapak kehidupan manusia zaman prasejarah dapat ditelusuri di lokasi wisata ini. Lukisan telapak tangan manusia dan babi rusa yang terpampang di dinding-dinding gua serta beragam artefak menjadi bukti kehadiran manusia prasejarah di daerah ini. 

Lukisan yang terdapat di Gua Pettae berupa lima gambar telapak tangan, satu gambar babi rusa sedang loncat dengan anak panah di bagian dada. Sementara di mulut gua yang tingginya mencapai 8 meter dengan lebar 12 meter, terdapat alat serpih bilah, serta kulit kerang. Untuk mencapai gua ini ada 26 anak tangga yang harus ditapaki oleh wisatawan.

Lukisan prasejarah tersebut menceritakan kehidupan sosial, seperti aktivitas harian dan sistem kepercayaan yang dianut saat itu. Sementara gambar telapak tangan diperkirakan sebagai cap tangan milik salah seorang anggota suku usai ritual potong jari. Ritual ini dilakukan sebagai tanda berduka atas kematian orang terdekatnya.

Lukisan Hewan Warna merah terlihat mendominasi lukisan dinding tersebut. Diperkirakan pewarna yang digunakan terbuat dari bahan alami yang dapat meresap hingga ke dalam pori-pori batu dan dapat bertahan hingga ribuan tahun. (*)

Post Tags:

No Comment to " SMA Negeri 1 Soppeng Laksanakan Penelitian Situs Prasejarah Goa Leang-Leang "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM