Breaking News

Menu

250 Siswa SMAN 1 Kolaka di Berikan Pemahaman Ideologi Pancasila Oleh Dandim 1412/Kolaka


Penulis : Peltu Naharuddin,
Editor : M.Rusdi,DM.

DETEKSIPLUS.COM,KOLAKA - Dandim 1412/Kolaka  Letkol Kav Ir. Amran Wahid, S.T., M.M  memberikan pemahaman ideologi Pancasila kepada 250 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kolaka. Pancasila adalah dasar negara dan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Menurutnya, implementasi nilai-nilai Pancasila harus dimengerti dan dipahami sebaik-baiknya, khususnya oleh generasi muda. Siswa sebagai generasi bangsa harus menyelamatkan Pancasila dari setiap usaha yang hendak mengganti ideologi tersebut, karena makna yang terkandung di dalam tubuh Pancasila terdapat lima unsur." 
Jelasnya Kelima unsur itu kata dia yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, di mana setiap umat beragama saling menghargai dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa., Ia menuturkan setiap umat beragama mestinya saling menghargai dan saling menghormati meskipun kepercayaan dan keyakinan berbeda-beda. Selanjutnya, unsur Kemanusiaan, di mana semua perbuatan dimulai dengan kesadaran sikap yang sesuai dengan nilai moral dan kebersamaan dalam kehidupan. Sehingga, tidak ada lagi orang yang mendapatkan perlakuan dan tindakan semena-mena.
Begitu juga dengan unsur Persatuan, agar semua usaha mengarah dalam satu kebulatan tekad wujud mementingkan dan menempatkan kepentingan bersama sebagai satu kesatuan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara unsur Kerakyatan adalah suatu sistem pemerintahan rakyat dengan cara melalui badan-badan tertentu dan menetapkan suatu aturan dengan jalan musyawarah mufakat. Namun dengan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan kehendak rakyat untuk mencapai kebaikan hidup bersama.

Sedangkan, unsur Keadilan Sosial adalah terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur serta sejahtera dan sesuai hakikat manusia yang adil dan beradab. "Masyarakat Indonesia dalam tingkah laku sehari-hari juga harus berpedoman teguh pada ideologi Pancasila agar cita-cita yang diharapkan bisa terwujud," jelas Amran Wahid.

Ditempat yang sama, Kepala SMAN 1 Kolaka bersama jajarannya  sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Dandim 1412/Kolaka, dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga generasi muda khususnya yang masih duduk dibangku sekolah senantiasa mendapat pencerahan khususnya pengetahuan tentang  wawasan kebangsaan, apalagi awal beliau menjabat Dandim Kolaka sudah mengkampanyekan slogannya “PANCASILA MENYAPA NEGERI. “ (*)

Post Tags:

No Comment to " 250 Siswa SMAN 1 Kolaka di Berikan Pemahaman Ideologi Pancasila Oleh Dandim 1412/Kolaka "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM