Breaking News

Menu

Ujian Akhir Tahun Menggunakan Smartfone Berbasis Android

GoWa-Mo

DETEKSIPLUS.COM,SOPPENG- Pemanfaatan teknologi, seperti internet dan smartphone sudah mulai merambah ke daerah hal itu dapat dibuktikan dengan terselenggaranya Ujian Akhir Tahun (UAT) Berbasis Android di SMP Negeri 3 Watansoppwng, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan.
SMP Negeri 3 Watansoppeng untuk pertama kalinya  melakukan Ujian Akhir Tahun Berbasis Android kerena rata-rata siswa sudah memiliki smartphone berbasis android. Penggunaan sistem android pada ujian dinilai positif karena memberi banyak manfaat dan kemudahan bagi sekolah jika dibanding ujian menggunakan metode lama yaitu kertas dan pensil (10 Juni 2019). 

Muhammad Husni, S.Pd.,M.Pd. Kepala SMPN 3 Watansoppeng bahwa Manfaat yang dirasakan pada ujian berbasis android yaitu ketersediaan perangkat yang memadai, minimnya penggunaan kertas serta nilai ujian siswa langsung keluar setelah selesai mengerjakan soal.

Sementara untuk soal guru, kata dia,  tinggal memasukkannya ke dalam server, selanjutnya sistem secara otomatis mengacaknya sehingga urutan soal yang dikerjakan siswa berbeda. "Pemanfaatan android untuk kepentingan pendidikan, merupakan langkah positif untuk mengurangi pandangan negatif terhadap penggunaan android oleh anak-anak hanya untuk bermain," katanya.

Para guru ditantang untuk lebih menguasai IT, mengingat pada era teknologi saat sekarang ini, mau tidak mau, suka tidak suka para guru wajib mengembangkan kompetensinya. Salah satu cara pengembangan kompetensi guru dapat dilakukan melalui pemanfaatan IT.

Setelah dilakukan pelatihan selama 3 hari terhadap guru-guru oleh instruktur TIK kabupaten, alhamdulillah mereka sudah dapat mengoperasikan dan melaksanakan Penilaian Akhir Tahun berbasis android. Mulai dari pengoperasian aplikasi, menginput soal-soal dalam aplikasi sampai pada perolehan hasil ujian setiap peserta didik.

Kedepan, pihak SMPN 3 Watansoppeng berencana bahwa setiap bentuk penilaian, mulai dari penilaian harian, penilaian tengah semester sampai ujian akhir sekolah akan memanfaatkan sarana IT yang tersedia disekolah. 

Reporter : A. Adhy,
Editor : M.Rusdi,DM.

Post Tags:

No Comment to " Ujian Akhir Tahun Menggunakan Smartfone Berbasis Android "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM